Iklan

REDAKSI 01
Rabu, 06 Maret 2024, Maret 06, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-24T15:37:18Z
BimaINDEKS ARTIKELPROVINSI NTB

Najamuddin Amy Tekankan Bidang IKP Perkuat Jejaring Publikasi dan Keterbukaan Informasi Publik

Publikasi
Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menggelar rapat koordinasi bersama Dinas Kominfotik kabupaten kota se-NTB yang digelar di Kantor Walikota Bima, Selasa (05/03/24).


KOTA BIMA - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB menggelar rapat koordinasi bersama Dinas Kominfotik kabupaten kota se-NTB yang digelar di Kantor Walikota Bima, Selasa (05/03/24).


Dalam rapat koordinasi tersebut, masing-masing bidang di dinas Kominfotik kabupaten kota seluruh NTB melakukan rakor Teknis antar bidang untuk memperkuat kolaborasi dan sinergitas semua Dinas Kominfotik Se-NTB dalam memperkuat publikasi dan keterbukaan informasi publik. Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Lombok Tengah, H. Muhammad bertindak sebagai narasumber rakortek Bidang IKP Dinas Kominfotik se-NTB setelah meraih penghargaan karena berhasil membangun  kerjasama media publikasi dengan pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah.


Dalam arahannya, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy menekankan tiga poin sebagai indikator utama dalam menunjang kinerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Pertama peningkatan PPID utama, kedua Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) didalamnya mencakup aspek sosial, ekonomi dan hukum. Poin Ketiga adalah Indeks Keterbukaan Informasi (IKIP).


"Khusus  untuk memperkuat publikasi harus menjadi atensi bersama seluruh bidang IKP di seluruh dinas Kominfotik Se-NTB." Ungkap Doktor Najam sapaan akrabnya.


Sementara itu, Kepala Bidang IKP Dinas Kominfotik NTB, Drs. Harun Ar-Rasyid mengungkapkan kegiatan diseminasi informasi yang baik kepada masyarakat terus diperkuat dengan mengcounter isu-isu negatif di tengah masyarakat. Termasuk kegiatan publikasi yang baik antara pemerintah Provinsi NTB dengan media baik cetak, online dan digital.


"Selain itu, kami juga mendorong untuk kembali memperkuat kelompok informasi masyarakat yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di kabupaten kota," jelasnya.


Dalam rakor Teknis tersebut, beberapa kepada bidang IKP menyampaikan keluhan, saran dan masukan terkait problem dihadapi di masing-masing dinas Kominfotik kabupaten kota. 


Misalnya, Kepala Bidang IKP Dinas Kominfotik kabupaten Bima, H. Suaeb mengungkapkan bahwa keterbatasan anggaran menjadi kendala untuk menunjang kegiatan publikasi yang baik. Sehingga diseminasi informasi pemerintah kepada masyarakat tidak maksimal.


"Selain itu, ditambah lagi dengan media-media di kabupaten Bima cukup unik," jelasnya.


Dalam rakortek bidang IKP turut dihadiri hampir seluruh kepala Bidang IKP Dinas Kominfotik se-NTB seperti Kepala Bidang IKP Dinas Kominfotik Kota Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Timur. (***).