Iklan

REDAKSI 01
Minggu, 25 Februari 2024, Februari 25, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-24T15:37:18Z
INDEKS ARTIKELNASIONALPARTAI POLITIKPEMILUPEMILU 2024POLITIK

Pemilu 2024 Curang, Forum Relawan Amin NTB dan Tokoh Masyarakat Menolak

PEMILU
Forum Relawan Amin NTB dan tokoh masyarakat Deklarasi menolak PEMILU Curang 

MATARAM, - Buntut dari hasil pilpres pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 14 Februari lalu dinyatakan curang oleh Forum Relawan Amin NTB.  Oleh karena itu, Tokoh masyarakat NTB menolak PEMILU Curang yang dilaksanakan di faveHotel , Minggu,  25/02/2024. 


Hadir dalam deklarasi, H. Sukiman Azmi, ketua forum Relawan Amin  NTB, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, tokoh wanita, dan akademisi.


Dalam deklarasi yang tergabung dalam Forum Relawan Amin NTB dan tokoh

masyarakat NTB dengan tegas menolak segala bentuk kondisi dalam pemilu, termasuk dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu dibacakan oleh H. Raden Sri Bintoro Hw. Yang tergabung dalam Forum Relawan Amin NTB dan  di ikuti seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, tokoh pemuda dan aktivis.


Ia menyatakan keyakinan bahwa pemilu yang bersih dan jujur adalah kunci utama bagi kekuatan dan stabilitas sebuah negara demokratis.


Melihat dengan seksama proses Pilpres 2024, para tokoh masyarakat NTB menegaskan bahwa telah terjadi kondisi yang terstruktur, sistematis, dan masif. 


Selain itu , ia menyoroti beberapa kejadian yang terlihat selama proses tersebut, antara lain perencanaan terhadap lembaga tinggi negara seperti Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bermasalah dan melibatkan jutaan pemilih, intimidasi, tekanan, dan ancaman terhadap rakyat, serta personalisasi dalam pemberian bantuan sosial (bansos).


Kecurangan seperti ini tidak hanya merugikan proses demokrasi, tetapi juga merugikan hak-hak rakyat dalam menentukan nasib negara. Kecurangan yang terjadi dapat merusak integritas proses demokrasi dan kepercayaan masyarakat terhadap sistem politik. 


“Oleh karena itu, para tokoh masyarakat NTB menyatakan bahwa mereka menolak segala bentuk kesepakatan dalam pemilu dan siap memperjuangkan keadilan dan kebenaran dalam proses demokrasi.” Katanya dalam deklarasi tersebut.


Forum Relawan Amin NTB , Para tokoh masyarakat NTB agar seluruh pihak, terutama penyelenggara pemilu, aparat pemerintah, dan seluruh lapisan masyarakat, untuk bersatu melawan segala bentuk kondisi dan memastikan bahwa pemilu berlangsung secara jujur, adil, dan transparan. 


Lanjut Raden,  juga menekankan pentingnya kepatuhan terhadap aturan hukum dan prosedur yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu guna menjamin proses yang demokratis dan ancaman.


Dalam konteks Pilpres 2024, tolak pilpres curang menjadi tindakan yang diperlukan untuk menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi. 


“Forum Relawan Amin NTB beserta Para tokoh masyarakat NTB siap untuk bersatu dan mengambil tindakan dalam upaya memastikan bahwa kondisi dalam pemilu tidak terjadi,  bahwa kepentingan rakyat menjadi prioritas utama.” ujarnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan dengan sikap yang tegas dan komitmen yang kuat, kita semua dapat bersama-sama menegakkan keadilan dan kebenaran dalam pemilu demi masa depan yang lebih baik bagi negara dan bangsa.( gl 02).