Iklan

REDAKSI 01
Kamis, 24 Agustus 2023, Agustus 24, 2023 WIB
Last Updated 2024-03-24T15:37:18Z
INDEKS ARTIKELLOMBOK BARATPERTANIAN

Panen Raya Tembakau: Cuaca di Area Pertanian Biasanya Panas, Berubah Sejuk dan Adem, Ini Alasannya

Panen Raya Tembakau
HK Lalu Winengan saat menghadiri panen Raya Tembakau 


LOMBOK BARAT - Cuaca di area pertanian di dusun tersebut yang biasanya panas, berubah sejuk dan adem.Sehingga keberadaan HK Lalu Winengan dianggap luar biasa.


Hal itu dikatakan Sukri salah satu warga yang rumahnya  berada dekat areal kegiatan panen raya tembakau tersebut.


Panen Raya Tembakau Lombok Barat Tahun 2023 yang terselenggara di lahan pertanian milik kelompok tani Mekar Maju Lendang Damai Barat, Dusun Lendang Damai Barat, Desa Mareje Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (24/08), berjalan sukses.


Namun dalam kegiatan panen raya ini, kehadiran Kepala Dinas Pertanian (Distan) Lobar HK Lalu Winengan sebagai tamu, cukup menyita antusiasme warga beserta para tokoh desa setempat. Hal ini disebabkan pakaian yang dikenakan khas dengan petani, ditambah sandal, dan Capil (topi dari anyaman bambu,red), cukup mengejutkan.


Hal ini didukung dengan sikap HK Lalu Winengan yang ramah dan suka bercanda dengan kelompok tani dikala bertukar pikiran bersama tokoh agama, memancing banyak pujian.


"Saya salut ada kepala dinas datang tidak dengan pakaian kedinasan. Awalnya saya tidak sangka kalau dia (HK Lalu Winengan,red) seorang kepala dinas. Saya senang ada pemimpin seperti ini," puji Sukri, salah satu warga yang rumahnya  berada dekat areal kegiatan panen raya tersebut.


Ia mengaku, selama ini belum ada OPD termasuk pemimpin daerah yang sanggup untuk datang, khususnya di dusun Lendang Damai Barat. Saat kedatangan HK Lalu Winengan, cuaca di area pertanian di dusun tersebut yang biasanya panas, berubah sejuk dan adem. Sehingga keberadaan HK Lalu Winengan dianggap luar biasa.


"Ini baru pemimpin Lobar," akunya.


Warga lainnya yang turut hadir dalam panen raya juga memuji kesederhanaan pria yang disebut oleh Kementerian Pertanian, sebagai bakal calon bupati ini.


H Jumahir selaku tokoh masyarakat pun sempat kaget, saat menyaksikan HK Lalu Winengan yang mengunyah mamaq (Mengunyah Sirih,red). Sontak dirinya kagum terhadap hal tersebut.


"Alhamdulillah, saya baru menyaksikan pejabat dengan kesederhanaan seperti itu," ungkapnya dengan senyum.


Kepala Desa Mareje Timur, H. Muh Hadran Farizal mengaku bahwa memang baru kali masyarakat desa menerima tamu dari kalangan OPD. Meski kedatangannya disebut perdana, HK Lalu Winengan  memberikan kesan luar biasa sebagai kepala dinas.


Sehingga kehadiran pria yang menjadi salah satu pentolan Nahdlatul Ulama (NU) NTB tersebut, memberikan semangat dan harapan baru, khususnya bagi para petani 


"Memang warga desa kami tumben terima kedatangan tamu dari lingkup dinas. Dan sambutan warga luar biasa terhadap HK Lalu Winengan," jelasnya.(gl 02)