Iklan

REDAKSI 01
Rabu, 01 Juni 2022, Juni 01, 2022 WIB
Last Updated 2024-03-24T15:37:18Z
EKONOMIINDEKS ARTIKELKULINERNASIONAL

Bahan Baku "Ares" Kelak Akan Menjadi IKON Kuliner Pariwisata Nasional

Bahan Baku Ares
DR. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc

GLOBAL LOMBOK , -  Bahan Baku Ares dan lobster yang ada di NTB salah satunya,  jenis kuliner orang Sasak di lombok NTB yang menggunakan bahan  baku POHON PISANG adalah  ARES.


Nama kuliner Cantik dan Khas Kuliner Sasak di Lombok ini, ternyata secara SCIENTIFIC membuktikan bahwa batang pisang sebagai bahan baku kuliner ARES yang punya KHASIAT  bagus bagi kesehatan manusia.  Hal itu dikatakan DR. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc 


"Kita, para semeton senamian sahabat dan batur sasak di Lombok, serta para sahabat sedulur metons yg pernah tinggal, sekolah bekerja atau berkunjung  Lombok NTB, akan merasa bangga  jika kuliner ARES ini suatu saat kelak menjadi salah satu IKON Kuliner Pariwisata  Nasional". Ujarnya.


Selain itu, seperti halnya Rendang Padang yg sudah mendunia, Empek empek Torpedo Palembang, Rawon Oli Muwesi Surabaya, Gudeg Manis Jogja,  Nasi Goreng dan Sate kambing Gurih Kebon Sirih, Kepiting Besar rebus Tarakan, Soto Banjar sedap, dll.  Lombok NTB  sebagai daerah TUJUAN WISATA, harus juga terus ditopang oleh berbagai jenis kuliner khas lokal yg sdh banyak dikenal ( seperti Sate Rembiga, Ayam Taliwang, Pelalah, Plecing, Beberok, Sate pusut, dll.)


Pengembangan pariwisata di Lombok NTB yg sudah mulai menggeliat lebih dahsyat sejak suksesnya MOTOGP Mandalika, harus diikuti dan dilanjutkan oleh pengembangan kuliner secara massif berbahan baku lokal. 


Bahkan kuliner berbahan baku Udang Lobster yg dihasilkan di Sumbawa dan Lombok, punya prospek yg sangat bagus yg nantinya juga bisa mengangkat pariwisata daerah NTB. 


Seperti yang terjadi dan dialami oleh  Makanan khas Amerika berbahan baku lobster. Pengunjung atau wisatawan ke Amerika umumnya mengetahui bahwa Restoran "RED LOBSTER" yg termasuk kuliner ELIT di Amerika, bisa ditemukan  di semua kota besar di Amerika, termasuk di Houston Texas. 


"Kelak sebaiknya  diarahkan agar bibit lobster yg banyak terdapat di NTB, semestinya dipelihara dan dibudidayakan oleh para nelayan secara massif dengan bantuan Pemerintah." Pintanya.


Kurtubi adalah Putra asli Lombok Nusa Tenggara Barat menambahkan bahwa mereka ini butuh sentuhan bantuan dan bimbingan dari Pemerintah. Lobster setelah besar baru dipanen untuk di export dan sebagai bahan baku Kuliner lokal yg nantinya kita harapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata di NTB. (***)