*GpA0GUC5TSAoGSM6GUG0BSriTi==*

FKUB Perkuat Soliditas untuk Kerukunan Umat Beragama di NTB

FKUB
Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (MUI Provinsi NTB), Prof. Syaiful Muslim, usai menjadi pembicara dalam Forum Group Discussion (FGD), di Mataram pada Kamis 17 Februari 2022.


MATARAM, -  Nusa Tenggara Barat - Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Nusa Tenggara Barat (FKUB Provinsi NTB) berkomitmen memperkuat soliditas untuk melestarikan kerukunan antar umat beragama di Provinsi NTB.

Komitmen ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (MUI Provinsi NTB), Prof. Syaiful Muslim, usai menjadi pembicara dalam Forum Group Discussion (FGD), di Mataram pada Kamis 17 Februari 2022.

FGD ini bertajuk memperkuat soliditas tokoh lintas agama, adat dan masyarakat dalam keberagaman di Provinsi NTB. Diskusi yang digagas oleh FKUB NTB ini menghasilkan kesepakatan bersama untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kesepakatan ini dituangkan dalam bentuk pernyataan berisi 4 poin yang ditandatangani oleh perwakilan para tokoh lintas agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di provinsi NTB.

Poin pertama, Kami sebagai panutan dan tauladan akan senantiasa mengedukasi seluruh umat agar dalam bermasyarakat dan beragama agar tetap menjaga toleransi sebagai bentuk ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.

Kedua, Kami menghimbau seluruh masyarakat NTB dalam menghadapi permasalahan/ konflik mengedepankan penyelesaian dengan prinsip-prinsip Pancasila melalui musyawarah mufakat maupun proses hukum.

Ketiga, Kami menghimbau masyarakat agar dalam beragama dan memeluk keyakinan masing- masing tetap menjaga tata krama, etika dan norma sebagai bentuk penghormatan dan toleransi inter dan antar umat beragama.

Keempat, Kami bersinergi dengan pemerintah dan TNI Polri dalam menjaga perdamaian di masyarakat dari upaya-upaya kelompok tertentu yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan umat beragama, suku, ras dan antar golongan di Provinsi NTB.

"Terkait kerukunan umat beragama di Nusa Tenggara Barat kita sepakat untuk memelihara secara terus-menerus, kalau ada permasalahan-permasalahan yang timbul di antara umat beragama kita selesaikan dulu di internal umat beragama kalau tidak bisa di internal baru kita tingkatkan di FKUB," terang Prof. Syaful Muslim. (Gl 02)

Komentar0

@globallombok UMKM Event MXGP Lombok 2024 Ruamee Buanget , Meludak Gayyyys #lomboktiktok #lombok #globallombok #mxgplombok #mxgpselaparang @Bang Zulkieflimansyah ♬ suara asli - Global Lombok

Type above and press Enter to search.

PT. GLOBAL SWARA RAKYAT