Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Deklarasi ODF dan CTPS Lombok Barat, Wagub NTB: Ini Menjadi Kado Untuk NTB

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | Last Updated 2023-01-06T08:58:25Z
Wagub NTB
Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid 

LOMBOK BARAT , - Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengapresiasi capaian Kabupaten Lombok Barat yang telah mendeklarasikan ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Hal ini dapat tercapai tentunya jika ada komitmen kuat antara pemerintah daerah dan masyarakatnya.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Provinsi NTB, bangga atas kinerja Kabupaten Lombok Barat yang benar-benar sigap dalam memanfaatkan momen pandemi covid-19 dengan mendeklarasikan ODF dan CPTS” terang Wagub NTB saat membuka Acara Deklarasi Kabupaten Lombok Barat ODF (Open Defecation Free) Stop Buang Air Besar Sembarangan dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), Rabu (15/12/2021) di Aula Bupati Lombok Barat.

Ummi Rohmi panggilan akrabnya berharap Kabupaten Lombok Barat dapat melaksanakan tiga pilar dari lima pilar STBM yang ada. STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

“Jadi saya berharap Lombok Barat dapat melaksanakan tiga pilar STBM lainnya yang pertama pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, kedua pengelolaan sampah rumah tangga dan terakhir pengelolaan limbah cair rumah tangga agar nantinya Lombok Barat dapat menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya di NTB” harap mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur periode 2009-2013.

Deklrasi ODF dan CTPS ini sebelumnya telah dideklarasikan oleh Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Barat menjadi kabupaten/kota yang kedua. Kolaborasi antara Provinsi dengan Kabuapten/Kota diperlukan untuk kemajuan daerah dalam mewujudkan NTB Gemilang.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengatakan bahwah Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) merupakan kado Lombok Barat untuk Provinsi NTB yang akan berulang tahun pada 17 Desember nanti.

“Kegiatan deklarasi ini adalah kado kami untuk Provinsi NTB yang akan berulang tahun yang ke 63 semoga kegiatan atau program yang digagas oleh Kabupaten Lombok Barat dapat bermanfaat bagi Provinsi NTB” harap mantan Ketua KPU Provinsi NTB ini.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Asisiten 1 Provinsi NTB, Kadis Kesehatan Provinsi NTB, Kadis LHK Provinsi NTB, beberapa kepala perangkat daerah Lombok Barat, Camat Lombok Barat dan Kepala Desa Lombok Barat. (gl 02).
×
Berita Terbaru Update